February 17, 2010

Jesus Guides Me Everywhere

19.
Tanpa terasa, umurku sekarang sudah 19 tahun. Waktu berjalan begitu cepat, dan ulang tahunku kali ini sungguh terasa berbeda dibandingkan ulang tahunku di tahun-tahu sebelumnya..

15 Februari 2010
Ketika tanggal itu tiba, tepat pk 00.00, aku sedang berada di dalam pesawat QR-671 penerbangan Jakarta-Doha. AKu duduk di deretan tengah bersama seorang perempuan separuh baya, yang juga pergi sendirian. Ketika aku mencoba bertanya dari manakah ia, kemudian ia menjawab bahwa ia adalah seorang Yunani.

Sepanjang perjalanan, kami tidak banyak bercakap-cakap. Seat di pesawat tersebut masih banyak yang kosong, sehingga ia pindah duduk di deretan tengah, dan aku pun akhirnya duduk seorang diri.

9 jam berlalu...
Cukup lama rasanya. Namuan, aku senang ketika pada akhirnya aku turun dari pesawat dan tiba di Doha International Airport. Saat itu, di Jakarta pk 09.00, dan di Doha pk 05.00.

Waktu transit-ku di Doha cukup lama, kurang lebih sekitar 9 jam. Aku lama menunggu, dan melakukan banyak hal untuk membunuh waktu.
Aku teringat akan hadiah yang diberikan adikku, Citra, saat di Bandara Soekarno-Hatta.
Ia memberiku sebuah kotak kecil berwarna baby-pink, dan di tengahnya ada sebuah gambar hati, bertuliskan "to Laras".

Perlahan-lahan aku membukanya.
Dan, ketika kubuka, aku melihat banyak sekali kartu ucapan berisi kesan dan pesan, dari teman-teman, sahabat, keluarga, guru-guru, dll yang ditulis dengan spidol berwarna pink pula..
Aku senaaang sekaligus bangga atas apa yang dilakukan adikku. Benar-benar surprise! Aku sama sekali tak mengetahuinya! Aku pun terharu, membaca 1 demi 1 tulisan di kartu-kartu tersebut, sampai akhirnya aku pun tak kuat lagi dan meneteskan air mata. Aku sungguh terharu. Dan saat itu aku menyadari bahwa aku telah merindukannya...


Akhirnya...
9 jam berlalu..
Tibalah saatnya untuk melanjutkan
perjalananku ke negeri impianku!
Ya, perjalanan berlanjut dari Doha
menuju bandara Tegel, Berlin.
Kali ini aku duduk di barisan kedua dari depan, bersama seorang laki-laki yang berusia sekitar 20 tahun-an, dan ia menanyakan banyak hal kepadaku, seperti di manakah tempat tinggalku, apakah aku pergi sendiri, untuk apa aku ke Jerman, dsb..

Perjalanan Doha-Berlin berlangsung lebih cepat dari yang seharusnya.. Hanya 5 jam!
Dan ketika tanpa sadar aku tertidur, akhirnya aku pun dibangunkan oleh sang pramugari, segera memakai seat-belt, dan bersiap untuk landing.

Aku sungguh tidak dapat menggambarkan perasaanku saat itu,
saat aku menyadari bahwa :
"Berlin tinggal sebentar lagii!"

Akhirnyaa...
Aku mendarat di bandara Tegel, Berlin. Aku segera memakain jaket winterku, dan yaa.... sangaat amat dingin! hehe.. semuanya putih tertutup salju. (",)
Aku pun segera turun, mengambil koper pink-ku (yang kata teman2ku, pasti satu-satunya, hehe :P) dan aku begitu bahagia melihat teman-temanku menjemputku. Mereka sudah berdiri di depan ruang pengambilan koper, dan mereka kemudian melambaikan tangannya kepadaku.

Ketika aku membawa ransel,
hand-carry, dan koperku ke luar,
menemui teman-temanku,
mereka langsung berkata :
"Laraaaas, selamat ulang tahuun!"
Aku yang ketika itu tiba di Berlin, sungguh hampir lupa dengan hari ulang tahunku sendiri. Mungkin perjalanan yang begitu jauh, yang memakan waktu sekitar 24 jam, membuatku lelah dan lupa akan hari ulang tahunku.

Monik dan Ria.
Ya, mereka menjemputku!
Aku sungguh merindukan mereka!
"Sekarang kita semua sudah di Jerman!",
sahutku kepada mereka.
Mereka datang ke Berlin untuk menjemputku,
dan mereka membuat hari ulang tahunku
menjadi begitu berarti.

Ketika tiba di Levetyowstrasse 23, tempat di mana aku menginap untuk beberapa hari, mereka memberiku sebuah kue strawberry berwarna pink! dan mereka menghadiahkanku sebuah syal cantik berwarna ungu dengan motif yang sangat indah. Aku begitu terharu dengan perhatian mereka kepadaku. Aku bebar-benar berterima kasih kepada mereka, yang membuat hari ulang tahunku akan terus kuingat seumur hidupku.
15 February 2010, in Germany!

Saat ini, aku telah berada di umur yang baru, di dunia yang baru pula. Segalanya berbeda. Namun, ini merupakan awal dari sebuah perjalanan panjang, untuk meniti segala harapan dan impianku..

Untuk sementara waktu...
Tidak ada lagi sarapan di pagi hari
yang dibuatkan khusus oleh papa untukku..
Tidak ada lagi senda gurau dan canda tawa
bersama Citra..
Tidak ada lagi cerita-cerita indah
yang dilantunkan Oma kepadaku..
Dan tidak ada lagi perhatian dan kasih sayang
yang diberikan mama secara langsung kepadaku..

Namun, aku melangkah maju..
Mereka adalah harta terindah dalam hidupku..
Tanpa mereka, aku takkan mungkin sampai di sini.
Tanpa mereka, aku takkan mungkin menjadi seperti ini.

Oleh karena itu...
Hidupku selanjutnya adalah untuk mereka.
Untuk membahagiakan mereka.
Terima kasih...
Kalian adalah segalanya untukku.. ^^

Tetap semangat yaa teman2,
dalam menjalani hari-hari ke depan.
Kita sama-sama berjuang!
Berusahalah untuk selalu melakukan
hal-hal terbaik dalam hidup, DARI HATI!
Ingatlah selalu, kebahagiaanmu ialah di mana hatimu berada.
Dan selalu utamakan Tuhan menjadi
pemimpin terbaik, penuntun jalan, dan pelindung setia,
di setiap langkah hidupmu.

Hari ini aku ingin katakan :
"19 years old.. New age, new world! but Jesus always besides me. He guides me everywhere! He will never let me go alone. and, He really-really loves, me and you.."

Love,
lha.lha

2 comments:

  1. Laras...blog kamu sweet banget sihh..sm sperti yg punya..hehe.. ayo smangat di Jerman sana! tetep jadi Laras yang sekarang ya, only better :)

    take care, sis. Gbu

    ReplyDelete
  2. laras.... uda nyampe yach...?? selamat berjuang di jerman yach...?? balik ke indo uda jadi pianis hebat yach... gud luck... GBU...

    ReplyDelete