February 8, 2012

Hard-work & Heart-work ♥



"I don't know anyone who has gotten to the top without hardwork. That's the recipe. It won't always get you to the top, but it will get you pretty near." - Margaret Thatcher

Saat aku masih kecil dulu, aku selalu diingatkan oleh perkataan-perkataan ini: "Ayo La, kamu harus kerja keras kalau mau juara kelas!" ; "Ayo La, kamu harus rajin latihan kalau mau menang lomba piano!" ; "Ayo La, kamu harus belajar giat kalau mau dapet nilai bagus!" Dan YA, semua itu memang benar adanya.

Tetapi sesekali Papa mengingatkanku hal penting lainnya - amat penting namun sering terlupakan oleh banyak orang - yaitu setiap kali aku akan mengikuti ujian piano atau pelayanan di gereja: "Inget ya La, main dari hati! Kalau kamu ngelakuinnya dari hati, pasti hasilnya sempurna!" Dan seiring berjalannya waktu di mana aku pun bertambah dewasa, aku terus belajar dan kini menyadari bahwa memang sebuah hard-work saja tidaklah cukup, melainkan pula harus disertai dengan heart-work.

Your heart must be in your work.
Untuk mencapai dan mendapatkan sesuatu yang baik, kita perlu kerja keras. Nothing good comes easily, right? Most of the time, we've got to fight! Kita perlu yang namanya perjuangan. Dan terkadang perjuangan itu bukan untuk menjadi yang terbaik kok, tetapi berjuang untuk melakukan yang terbaik itu lebih penting. Banyak orang berpikir kalau berjuang itu hanya untuk mendapatkan posisi teratas dari hal yang kita inginkan, dan ketika kita merasa "ah, sepertinya udah gak mungkin lagi deh" dsb, kita jadi putus asa dan akhirnya berhenti di tengah jalan. Sayang sekali, kan?

Sesungguhnya hal terpenting dari sebuah perjuangan itu adalah prosesnya - how's our effort to reach that purpose? And actually we should know that if we live for a really strong purpose, hardwork isn't an option. It's a necessity. Kerja keras seharusnya menjadi sebuah kebutuhan hidup yang harus dipenuhi dan dilakukan setiap harinya.

Bulan lalu, aku menonton film 'Real Steel', dan film tersebut sedikit banyak memberiku inspirasi juga pelajaran hidup yang amat berharga. Di akhir cerita, diceritakan bagaimana Max dan Charlie Kenton beserta robotnya (Atom) dengan percaya diri berani menantang The Mighty Zeus, yang memiliki rekor tak pernah terkalahkan oleh siapapun. Mereka (Max, Charlie dan Atom) berjuang dengan luar biasa, seluruh nyawa dan tenaga mereka pertaruhkan.



Dan bagaimana hasilnya? Secara skor keseluruhan, mereka tetap kalah dalam pertandingan tersebut. Zeus-lah pemenangnya. Tetapi semua orang yang hadir di situ justru melihat dari sudut pandang yang berbeda. Bagi mereka, Atom-lah pemenangnya. Kenapa? Karena mereka (termasuk saya) melihat bagaimana Max, Charlie dan Atom berjuang dengan seluruh jiwa raga mereka.

Everything comes from the heart, touch the heart. Aku pun ikut terharu melihat perjuangan dan kegigihan mereka untuk dapat memenangkan pertandingan tersebut. Walaupun mereka gagal (untuk menang), kemenangan yang sesungguhnya sudah menjadi milik mereka. Inilah yang disebut hard-work dan heart-work. Dan ketika kita sudah berhasil untuk "put our heart in our work", we'll find the good and there's nothing to be regret for :)

Every hard and heart-work will pay off at the very right time.
Percayalah bahwa setiap jerih payah yang kita lakukan dengan sungguh-sungguh dan niat yang baik, segalanya akan terbayarkan dengan lunas di waktu yang tepat. Perjuangan butuh usaha, dan usaha pun butuh waktu. Semuanya berproses tetapi akan indah pada akhirnya nanti. Itu pasti.

Dan kita pun tidak boleh lupa untuk selalu menyertakan Tuhan dalam setiap usaha dan kerja keras kita - apapun itu. Di Alkitab pun dikatakan, "Tuhan Allahmu akan membuat semua usahamu berhasil..." So, walking with God, struggling with God, do everything whole-heartedly and surrender all to Him. Because as good as we are, we're all nothing without our Jesus :)

Thank you Jesus, for always stand by me in every times, even in the difficult ones. I always believe that Your grace and abundance for me are never half-way. And when I'm doing something good, help me to never seek a crown, for my reward is giving glory to You :D

P.S.:
Welcome... HO-LI-DAY!

Lala

2 comments:

  1. Laaaa super bagus banget post nya! tebak hayoo aku siapa? :p

    ReplyDelete
  2. I know I know this must be you, Elle! Right? hihi. Thank you my beautiful bestiee <3

    ReplyDelete