February 13, 2011

One Year Blessings


"Hidupku penuh kebaikan-Mu, Tuhan. Kasih setia-Mu tak berkesudahan. Tak habis-habisnya rahmat-Nya. S'lalu baru s'tiap pagi, baru s'tiap hari. Besar kesetiaan-Mu."

Hari ini, 15 Februari 2011, merupakan hari yang sangat istimewa. Tanpa terasa, satu tahun sudah sejak keberangkatanku ke Jerman, 15 Februari 2010, tahun lalu. Tentunya ada begitu banyak hal, baik suka maupun duka, begitu banyak pengalaman dan pergumulan yang telah aku lalui selama setahun ini. Every beginning is difficult? Ya. Aku pasti mengalaminya. Dan aku bersyukur telah berhasil melalui saat-saat itu.

Kemarin sore, aku merenungkan berbagai hal yang telah terjadi selama setahun ini. Dan.. Sangatlah banyak! Aku bertemu dengan lingkungan baru yang sungguh berbeda dari sebelumnya. Aku bertemu dan berkenalan dengan banyak orang. Aku menemukan teman-teman baru yang sekarang sudah seperti saudara sendiri. Aku menemukan seorang sahabat sejati. Dan aku pun juga menemukan seseorang yang istimewa. Ya. Di tempat ini. Namun tentu tidak hanya positifnya saja, aku pun bertemu dan mengenal teman-teman yang kurang baik karakternya. Mereka yang berteman hanya karena ada 'maunya' saja, mereka yang egois dan kurang peka terhadap orang lain, mereka yang tidak mau belajar dari kesalahan,-kesalahan mereka, dan sebagainya.. Aku bertumbuh dalam banyak hal yang membuatku belajar untuk lebih mengerti hidup ini. Daan.. Cepat sekali rasanya setahun telah berlalu! Experiences are how life catch me up and teach me to grow :)

Kalau diibaratkan, hidup ini ibarat sebuah buku, di mana Tuhan adalah pemberinya, dan kita pemiliknya. Kita yang menentukan akan seperti apa isi setiap halaman di dalam buku kita. Kita diberikan sebuah pulpen untuk mengisinya hari demi hari. Pulpen? Ya. Hanya pulpen. Sehingga setiap halaman yang telah ditulis takkan bisa dihapus dan kemudian ditulis kembali.

Lembaran demi lembaran takkan pernah bisa sempurna. Kita mungkin ingin menjadikannya sempurna, tetapi hal itu tidak mungkin. Kesempurnaan hanyalah milik Tuhan. Kita sebagai pemilik buku itu hanya bisa memberikan harapan, keinginan-keinginan, dan disertai usaha untuk menuliskannya se-sempurna mungkin agar bisa terlihat sempurna di mata kita, dan di mata orang.lain. Tetapi, se-sempurna-nya jalan yang kita ambil, takkan pernah lepas dari kerikil-kerikil tajam yang berusaha menghambat perjalanan kita.

Namun.. Segala sesuatunya kembali kepada diri kita masing-masing. Apakah kita ingin setiap lembaran tersebut hanya terisi dengan warna-warna kelam dan gelap, bahkan terkesan monoton? Atau kita ingin berusaha mengubah itu semua menjadi lebih indah dengan cara membuka lembaran baru dan belajar dari semua lembaran-lembaran yang lama? :)

Aku pun belajar bahwa hidup adalah ibarat musim yang berganti. Hidup adalah sebuah dinamika, di mana keadaannya akan terus berubah dan takkan bisa selalu sama. Mungkin hari ini kita ada 'di atas', tapi akan ada saatnya di mana kita harus berada 'di bawah'. Ada saatnya kita menangis, tapi akan ada saatnya kita tertawa. Ada saatnya kita begitu bahagia dan ingin seterusnya demikian, tapi ada saatnya di mana Tuhan mengijinkan penderitaan/kesedihan terjadi untuk membuat kita menjadi lebih baik dari sebelumnya. "Kalau tidak ada penderitaan, mungkin takkan ada perubahan." Aku pun belajar untuk memahami hal itu, walaupun terkadang sulit memahami maksud Tuhan.. dan hanya bisa meng-imani-nya bahwa segala sesuatu terjadi hanya untuk yang terbaik :)

We'll never know how strong we are, until being strong is the only choice we have. Melalui segala proses kehidupan yang telah dan akan terus terjadi, tanpa sadar aku pun dibentuk menjadi pribadi yang lebih kuat, lebih berani, dan lebih dimampukan untuk bertahan dan terus maju. Terkadang hal-hal dalam hidup ini 'mengharuskan' kita untuk terus bertahan.. Sekalipun berat, kita merasa tak sanggup, bahkan mungkin sampai menangis.. tetapi ketika kita berhasil untuk stand up and move on, maka saat itulah kita telah menjadi seseorang yang 'lebih kuat', and we are stronger than before.. When trouble comes knocking, just remember to stay strong. Rainbow always follow the storm and dark clouds never stay long :)

Kalau perjalananku selama setahun ini boleh dirangkaikan di dalam sebuah melodi yang indah, mungkin lagu ini adalah gambaran yang paling tepat.. Lagu yang menjadi kekuatanku di saat sedih, dan juga menjadi ucapan syukurku di saat bahagia.. "Bukan dengan kekuatanku, kudapat jalani hidupku. Tanpa Tuhan yang disampingku, ku tak mampu sendiri. Engkaulah kuatku yang menopangku. Kupandang wajah-Mu dan berseru. Pertolonganku datang dari-Mu. Peganglah tanganku, jangan lepaskan. Kaulah harapan dalam hidupku.." :)

Hidup berjalan terus. Life goes on, isn't it? Dan hari ini... Aku genap berusia 20 tahun! Hmm, tidak tahu harus senang atau sedih, karena sudah menginjak kepala 2. Hihihi :p dan.. Oh iyaa! Aku mendapatkan surprise-surprise yang sangat manis di ultahku kali ini.. Senang sekali rasanya.. :) Aku merasa sangat amat bersyukur.. Terima kasih Tuhan, untuk berkat-Mu dan kasih-Mu yang tak pernah berkesudahan. Untuk pimpinan-Mu, untuk penyertaan-Mu, dan untuk segalanya yang tak terbatas. Hanya karena kasih setia-Mu, Tuhan, aku ada sampai hari ini.

Terima kasih Mama, Papa, Citra, dan Oma - yang walaupun jauh - namun selalu setia mendoakanku. Terima kasih untuk orang-orang terdekat yang Tuhan sediakan untukku. Hari ini, aku akan kembali meneruskan 'buku' kehidupanku, dan melakukan yang TERBAIK untuk kemuliaan Tuhan.

Thank you so much, especially for my beloved sister:
Citra Putriarum.
"Having a sister is like having a best friend you can't get rid of.
You know, whatev
er you do, they will still be there, for you.."
And yes, you are my forever bestfriend! I love you! :)


Thank you so much too, for my beloved one:
Adi Kurniawan.
Happy 10 Month Anniversary! :)


also thank you for my beloved little princess:
Vania Sharleen.


also thank you for my beloved bestfriends:
six'p.
(Ella Hastono, Fidella Olive, Jessica Patricia, Felicia Tjahjadi, & Monica Josephine)
http://www.facebook.com/video/video.php?v=10150096958596328

Thank you for all your greetings and wishes, dear friends..
God bless you all! :)

I'm very thankful, God.. What a memorable day!
Thank God for the One Year Blessings..
Thank God for everything. I'm sooo blessed! :)

With love,
Lhalha

3 comments:

  1. Open Minded
    Tulisannya Hidup mengandung Jiwa yang PeRasa
    Mengalir bagai air dr hulu ke hilir...

    Tunggu apa lg ini bs jadi inspirasi narasi lagu atau Novel ( is )


    Happy Birthday Laras


    Boy

    ReplyDelete
  2. larassss....seperti biasa, sweet and touchy..
    happy birthday, dear..
    no doubt, you're really blessed
    thanks for your nice posting ^^

    ReplyDelete
  3. @Kak Boy & Ci Mala:
    Makasiiih banyak yaaa Kak Boy & Ci Mala.. I'm happy that you all have been read my blog, and also happy to know that this post could be a motivation :) God is my strength! God bless youu kak Boy & Ci Mala.. Love to read your blog too :D

    ReplyDelete