August 5, 2010

When A Dream Is More Than A Dream


"Every people can be as great as they want to be. If you believe in yourself and have the courage, the determination, the dedication, the competitive drive, and if you are willing to appreciate every little things in life and pay for the things that are worthwhile, it can be done."

Ketika aku berlibur ke Belanda, aku bertemu dan menginap di rumah Om-ku, di sebuah kota kecil bernama Hoorn. Ketika kami sedang pergi berjalan-jalan mengelilingi kota tersebut, beliau menyetir mobil dan aku duduk di kursi belakang. Aku tidak begitu ingat jelas apa yang sedang kami bicarakan saat itu, sampai akhirnya tiba pada suatu pembicaraan, dan Om-ku berkata demikian :
"'NO', we have already had it.
But 'YES', we can always make it."

Pertama kali mendengar kalimat itu, jujur aku tidak langsung mengerti apa maksudnya.. Namun ketika aku renungkan dan coba mengulang kembali kalimat itu dalam hati, aku mulai mengerti sedikit demi sedikit :)

'NO', we have already had it.
Ketika kita tidak melakukan apapun, hanya berdiam diri, atau melakukan hal-hal yang tidak berguna dengan membuang waktu, jawaban 'TIDAK' sudah kita miliki. Jawaban 'TIDAK' berarti menolak kesempatan-kesempatan yang begitu banyak di luar sana.

But 'YES', we can always make it.
Sedangkan apabila kita berani mencoba, mau berusaha, & bekerja keras, maka jawaban 'YA' akan selalu bisa kita dapatkan. Peluang untuk jawaban 'YA' akan terus ada. Misalkan kita melamar ke sebuah Universitas yang bagus, yang rasanya sulit sekali untuk bisa diterima di sana. Namun jika kita berani mencoba (apapun hasilnya nanti), selalu ada kesempatan untuk jawaban 'YA'. Sedangkan jika kita tidak mencoba sama sekali (when we do nothing), maka jawabannya akan selalu 'TIDAK'.

Mencoba tidak akan pernah merugikan kita. Nothing to loose. Dan nilai sesungguhnya dari sebuah usaha bukan dilihat dari hasil akhirnya, melainkan proses di balik itu semua. Bukan piala-nya yang kita cari, melainkan proses untuk meraih piala tersebut. "Winning isn't everything, but the will to win is everything."

Baru-baru ini aku juga tidak sengaja membuka salah satu web di internet, membaca sepenggal kalimat yang tertulis di situ, dan aku sangat menyukainya. Kalimatnya berbunyi demikian :
"Setiap pekerjaan adalah sebuah perjuangan, dan perjuangan membutuhkan adanya semangat. Semangat itu sendiri membutuhkan ketulusan di dalamnya, sehingga menjadikan semua itu sebuah totalitas, tanpa mengharapkan timbal balik."

Hmm.. Gimana menurut kalian kalimat itu?
Indah banget yaa kata-katanya :)
Kalimat itu sangat luar biasa makna-nya.
Sebuah ketulusan yang menumbuhkan semangat, untuk berjuang melakukan suatu pekerjaan, membuat pekerjaan tersebut menjadi sempurna (total), karena tidak mengharap kembali.
"Everything comes from the heart,
touch the heart."

Menurutku, semangat harus dimulai dari dalam diri sendiri. Semangat yang berasal sepenuhnya dari dalam hati, pasti hasilnya akan berbeda. Jauh lebih baik.
"Spirit from the heart makes you're willing to go longer, work harder, and give more than anyone else."

Walt Disney pernah berkata dalam hidupnya..
"If we think we can, we can.
And if we can dream it, then we can make it!"

Aku ingin melampirkan sebuah lagu yang memotivasiku untuk lebih semangat lagi dalam menjalani hari-hari. Lagu ini memiliki lirik yang sungguh luar biasa.
Tentang sebuah kehidupan yang penuh dengan mimpi. Mimpi yang bukan hanya sekedar mimpi, melainkan didasari oleh suatu semangat, rasa percaya, optimis, & keyakinan bahwa 'jika kita mampu melangkah jauh sampai kepada hari ini (menjadi diri kita yang sekarang), kita pun pasti sanggup untuk melangkah maju ke depan, sedikit demi sedikit, untuk meraih segala sesuatu yang kita impikan.'

Just like we dreamed it


Come a little closer.
Turn another page.
In the story of what's waiting for you.
Step into the wonder
Of everything you've pictured
As it comes into view.
Just like we dreamed it!

Once upon a time.
Used to be long long ago.
Used to be far far away.
Look how far we've come today.

Once upon a time
Is suddenly right here and now.
Right before our eyes.
This happy ending's just beginning
And much to my surprise!

It's just like we dreamed it!
As far as I can see.
It's just like we dreamed it!
As good as good can be.

And I know it's so much better
'cause we dreamed it up together.
Just like we dreamed it, to life!

Happily ever now.
I'll know how far dreams can go.
Nothin's too far far away
'cause we've got faith that makes our day.

In my heart I know
Anything's possible here, anything at all.
Whatever we believe in happens
No matter big or small!

I've imagined being here like this.
So many times before.
We've made a wish
And believed and believed..
And here we are!

"Do all the good you can, by all the means you can, in all the ways you can, in all the places you can, at all the times you can, to all the people you can, and as long as ever you can.." -- by John Wesley.

"Mimpi adalah kunci,
untuk kita menaklukkan dunia.
Berlarilah tanpa lelah,
sampai engkau meraihnya.."

Awali setiap hari dengan semangat, untuk menjadikan hari ini lebih baik, hari esok lebih lebih baik, lusa lebih lebih lebih baik, dan seterusnya sampai garis akhir.

With love,
Lhalha

2 comments:

  1. very inspiring, as always, laras.. thank you for the inspiration :) keep writing

    ReplyDelete
  2. Makasiih yaa cici dea.. I like to read your blog, too :') God bless you always cii. miss you :D

    ReplyDelete